Bisnis online di kalangan penggemar K-Pop begitu mendobrak ide bisnis konvensional. Penghasilan anak muda ini bahkan bisa menyaingi karyawan kantoran.
Korean wave yang menginvasi kultur pop dunia sejak era 2000-an, saat ini bahkan sudah menjadi bagian hidup banyak orang. Termasuk dalam hal mencari cuan. Lihat saja berapa banyak campaign yang menggandeng ikon Korea atau menggunakan K-Pop concept dalam ideasi mereka.
Bagi pelaku bisnis lama, hal ini mungkin terkesan bercanda. Namun nyatanya, memang ada bisnis online yang bikin penggemar K-Pop punya penghasilan melebihi UMR di usia kurang dari 25 tahun. Simak ulasannya:
1. Bisnis online jualan photocard
Ada banyak sekali merchandise K-Pop, tapi photocard atau PC ini kalau meminjam istilahnya anak sekarang, harganya bisa ‘gak ngotak’. Satu potongan kecil foto idol ukuran 5,5 cm x 8,5 cm bisa memiliki harga di atas Rp 150 ribu. Apalagi jika photocard tersebut merupakan official merchandise, dengan tulisan tangan asli atau mengandung tanda tangan.
Sedangkan harga untuk photocard unofficial memang lebih murah, tetapi tetap ada pembelinya. Ada kalanya brand tertentu menyelipkan photocard ini sebagai bonus atau merchandise untuk mendongkrak penjualan. Seperti yang pernah terjadi pada brand seperti Samsung atau Lemonilo.
2. Jastip merchandise dan tiket konser
Para K-Popers yang sudah advance, mainnya di penjualan merchandise official dan jastip tiket konser. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab makin ke sini, tiket konser idol itu bisa setara smartphone flagship yang langka di pasaran. Atau istilahnya adalah ‘goib’.
Kerena war dan sulitnya mendapatkan tiket tersebut, banyak penggemar mengandalkan warrior jastip untuk bisa mendapatkan tiket konser. Selain itu, sambil konser kan tidak lengkap tanpa lightstick, album, photobook dan atribut lainnya. Nah, untuk bisa mendapatkan merchandise resmi ini perlu sedikit usaha yang kadang malesin,
Para pengusaha jastip ini juga biasanya open pre order atau restock terbatas untuk hal-hal tersebut. Biaya jastipnya juga bervariasi, sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu per item. Sedangkan permintaan barang ini bisa ratusan bahkan ratusan ribu dalam setahun. Tidak heran sih, kalau bisnis ini sangat menjanjikan.
3. Jualan unofficial merchandise lainnya
Seperti tadi sudah kita bahas, unofficial merchandise asal ada wajah idolnya, maka sangat potensial untuk dibisniskan. Sebut saja kaos, jumper atau pakaian mirip yang idol pakai, sarung bantal, inspired perfume atau share in bottle dan masih banyak lagi.
Ingat, tidak semua penggemar K-Pop berduit, tetapi tetap ingin mengekspresikan kecintaan pada idol mereka. Jadi unofficial merchandise ini adalah solusi terbaik yang tetap tinggi peminat.
4. Bisnis online skincare dan makeup Korea
Visual artis Korea memang agak terlalu sulit untuk menggapainya. Kemudian hadirlah skincare dan makeup asal negeri ginseng itu yang selalu bisa menjadi top of mind karena lagi-lagi ambassadornya mungkin adalah idol atau artis kenamaan. Beberapa di antaranya seperti Song Hye Kyo, Sehun EXO, Jennie Blackpink, Lee Min Ho dan masih banyak lagi.
Selain karena BA produknya, komoditi ini laris juga karena memang performanya yang clinically tested dan proven. Alias sudah teruji klinis dan memang bisa menghasilkan ‘chok chok skin’ istilah bekennya. Yakni kulit atau tampilan visual yang glowing sehat dan kenyal seperti poreless ala seleb Korea.
Saat ini yang sedang naik daun adalah parfum atau multifunction fragrance di mana idol atau artis tertentu menggunakan produk tersebut. Sehingga memancing masyarakat awam ingin mencobanya juga.
5. Paket tour ke negerinya idol
Sejak kampanye visit Korea melalui video klip atau drakor, banyak orang ingin merasakan keindahan alam negeri Ginseng itu. Bahkan ada beberapa lokasi spesifik seperti tempat syuting ikonik, gedung lama agensi idol, bahkan rumah makan milik orang tua atau keluarga idol.
Tentunya untuk bentuk usaha yang satu ini tidak bisa sembarangan. Harus mengerti prosedur tour dan traveling. Biasanya memang pelaku bisnis ini adalah mereka yang sudah terbiasa melakukan perjalanan trip kelompok dalam dan luar negeri.
Bahkan ketika ada konser dan tur artis Korea, beberapa pelaku usaha ini ada yang menyediakan jastip tiket konser dan paket akomodasinya. Mengingat pada saat konser, biasanya kuota hotel atau tempat menginap di sekitar lokasi konser akan tinggi peminat.
6. Jasa translate bahasa Korea
Yang satu ini merupakan jasa yang sangat aplikatif di berbagai bidang, terutama yang membutuhkan keterampilan bahasa Korea. Misalnya translator perusahaan, translator untuk kebutuhan wisata, pembuatan artikel, kebutuhan pendidikan dan lain sebagainya.
Jadi jangan remehkan kalau ada teman yang mulai bicara dengan bahasa Korea akibat nonton drama. Bisa jadi hal tersebut menjadi modal utama penghasil cuan.
7. Bisnis kuliner Korea Selatan
Ketika ada idol atau drakor yang menunjukkan makanan tertentu, bisa bikin ngiler fans yang melihatnya. Oleh karena itu kuliner dan bahan makanan Korea bisa laku keras. Misalnya ramyeon, kimchi, gimbap, Korean chicken wings, tteokbokki dan masih banyak lagi.
Tak hanya itu. Cemilan dan minuman Korea Selatan juga tinggi peminat. Sehingga bisa juga ada versi jastipnya atau kita temukan di minimarket terdekat.
Bisnis online yang berhubungan dengan K-Pop boleh kita sebut sebagai salah satu pekerjaan menyenangkan di dunia. Sebab selain menyenangkan, ternyata juga menghasilkan. Tertarik mencoba?