Beranda
No Result
View All Result
Thursday, March 30, 2023
  • Home
  • Berita Terkini
  • Ekonomi
    • Makro
    • Pasar
    • Industri
    • Internasional
  • Bisnis
    • Keuangan
    • Teknologi dan Inovasi
    • Wirausaha
    • UMKM
    • Pemasaran
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
    • Olahraga
    • Travelling dan Kuliner
    • Hobi
  • Inspirasi
Beranda
  • Home
  • Berita Terkini
  • Ekonomi
    • Makro
    • Pasar
    • Industri
    • Internasional
  • Bisnis
    • Keuangan
    • Teknologi dan Inovasi
    • Wirausaha
    • UMKM
    • Pemasaran
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
    • Olahraga
    • Travelling dan Kuliner
    • Hobi
  • Inspirasi
No Result
View All Result
Beranda
No Result
View All Result
Home Berita Terkini

Mba Optika Lunett Si Viral tapi Marketing yang Selalu FYP di Tiktok

by Bintang
March 16, 2023
in Berita Terkini, Pemasaran, Teknologi dan Inovasi
0
Mba Optika Lunett Tiktok
159
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Farah Citra Azzahra sebagai Mba Optika Lunett, belakangan sedang jadi perbincangan karena konten-konten Tiktoknya yang selalu trending FYP. Meski durasi videonya pendek, tapi menyentuh kalbu dan relung kehidupan pekerja urban. 

Mba Optika Lunett jadi brand persona yang relate banget dengan kehidupan anak muda Jakarta, baik yang perantau atau memang asli ibukota. Padahal sebenarnya ia sedang membantu promosi brand kacamata Optika Lunett yang tidak pernah lepas di setiap kontennya. 

Karena FYP terus, saat ini Farah Citra Azzahra dan brand Optika Lunett jadi pembicaraan hangat di medsos Linkedin, Twitter dan pastinya Tik Tok. Bahkan ada rumor bahwa si Mba Optika Lunett bakal jadi rebutan para brand. Seperti apa aksinya? Bagaimana impactnya pada brand? Mari kita bedah bersama. 

Softselling sambil storytelling

mba mba optika lunett supremacy pic.twitter.com/Sdme6FkqTO

— txtdaribrand (@txtfrombrand) March 13, 2023

Sudah bukan rahasia kalau konsumen lebih suka dengan brand yang berbicara atau bertindak seperti diri mereka. Mereka punya radar kalau sedang ‘dijuali’ dan memilih untuk skip. Nah, Optika Lunett lewat kontennya, paham betul dengan kecenderungan target market yang mereka sasar. Dengan tagline ‘Partner in Productivity’, alih-alih hard selling, mereka membangun eksposur dan awareness lebih dulu. 

Caranya dengan storytelling singkat ala sitkom (komedi situasi) di mana pemerannya menggambarkan kehidupan para target marketnya. Farah Citra Azzahra kerap tampil dengan dandanan ala pekerja urban yang khas. Pakai ransel, kacamata, baju flanel atau cardigan dan yang lebih penting, cerita khas muda-mudi ibukota. 

Alih-alih bikin cerita panjang, durasinya sering tidak lebih dari 25 detik. Namun tetap berhasil menggelitik. Dengan konsentrasi topik yang menyentil ego dan psikografi anak muda ibukota. Misalnya pakai cicilan paylater, dikit-dikit self reward, butuh healing, intern vs fulltime, serta kehidupan naik transportasi umum dari KRL, ojol, sampai Jaklingko.

Panutan pekerja ibukota

@optikalunett_official

Sarapan kopi dan gorengan udah paling bener dah. murah meriah ceria🥰🙏🏻 #optikalunett #ceritalunett #corporatelife #worktok #corporatetiktok #budakcorporate

♬ original sound – sped up sounds

Karena topik yang sangat berkaitan dan menyentuh pain point viewersnya, sentimen positif berdatangan lintas platform media sosial. Mulai dari views dan komen yang banjir di Tik Tok. kemudian masuk akun base Twitter dan akhirnya jadi bahasan di Linkedin. 

Beberapa netizen mengimitasi perilaku Mba Optika Lunett yang menghela nafas saban ada di transportasi umum. Ada juga yang merasa tersuarakan pengalamannya, terutama pada konten tentang intern vs full time atau POV di kantor. Kita belum tahu apakah ini juga membuat netizen aware bahwa Optika Lunett menjadi salah satu top of mind tempat beli kacamata. Namun dari segi influence dan awareness, sosok ikonik ini sudah punya tempat tersendiri di hati viewersnya.  

Dampak Mba Optika Lunett

Menelusuri ramainya pembahasan Optika Lunett belakangan ini, tim Beranda mencoba menyambangi akun Linkedin Farah Citra Azzahra. Yang mengejutkan adalah, ia baru 3 bulan menjadi content creator di Tik Tok, tapi berhasil membuahkan 1 juta views yang sampai jadi pembicaraan medsos Twitter hingga profesional seperti Linkedin. Kendati Tik Tok memang platform yang memudahkan penggunanya mendapatkan eksposur, tetapi strategi marketing ini terbilang cukup menarik. 

Konten yang identik dengan hela nafas, “Haahh…” dan sambat pekerja Jakarta ini juga jadi inspirasi buat pekerja brand dan agensi lainnya. DI antaranya konten kreator dan spesialis media sosial yang memang berada di garda depan untuk membuat dan deliver konten kepada user. Di samping kompetitifnya perang konten antar brand masa kini, hal ini termasuk dampak positif di mana konten kreator satu bisa memantik jiwa kreatif profesional muda lainnya. 

Beberapa profesional di Linkedin juga tidak ingin ketinggalan membedah trik dan fenomena viralnya gaya marketing Optika Lunett ini. Fenomena ini jadi menarik, sebab banyak praktisi yang mampu menarik edukasi dari konten-konten viral itu dan membagikannya pada koneksi mereka. 

Apakah konten viral sejalan dengan dampak penjualannya? 

Dia suka lupa nggak sih kalo dia jual kacamata. Fyp mulu konten intern vs fulltime nya 😭

Work! pic.twitter.com/U68v6OnfwF

— BACA RULES (s.id/worksfess) (@worksfess) February 28, 2023

Nah, sedikit membahas lebih serius karena ternyata viewers konten online shop kacamata ini juga cukup banyak dari kalangan profesional. Bahkan kini makin banyak, karena juga jadi bahasan menarik di Linkedin. 

Tidak sedikit yang penasaran mengenai sales dari Optika Lunett, apakah ikut terdongkrak seiring tingginya views dan konten yang FYP terus. Sebab salah satu tantangan pembuat content marketing adalah, apakah viralitas juga bisa membawa leads atau konversi yang seimbang? 

Kita memang tidak punya jawabannya. Namun sebagaimana mengamati pintu-pintu promosi Optika Lunett lainnya, mereka telah menyediakan berbagai offer atau tawaran menarik yang sudah sesuai dengan pembelinya. Dengan kata lain, di satu sisi mereka punya konten yang entertaining, dan di sisi lain yang lebih hard selling, kesesuaian dengan target market sudah dipikirkan. 

Di antaranya dengan harga yang pasti lebih miring dari brand perintis atau brand besar lainnya. Membuat ketertarikan konsumen bisa datang bukan hanya dari kalangan pekerja ibukota, tetapi juga daerah lainnya yang mungkin penghasilannya tidak setinggi UMR Jakarta. 

Desain menarik yang sesuai dengan anak muda dan dewasa usia produktif juga menambah daya pikat untuk konsumen. Mba Optika Lunett sudah mendemokannya secara tidak langsung lewat adegan ala kehidupan sehari-hari. Namun tentu saja, untuk bisa sampai ke mendatangkan sales yang baik, itu hal yang lain lagi. 

Bisnis saat ini sudah tidak lagi konvensional, tapi berperang di ranah digital dengan salah satu strateginya adalah jadi viral. Perkembangan marketing yang makin inovatif seperti cara Mba Optika Lunett membuat target market mereka tidak sedang dibujuk untuk membeli, tapi mencoba merangkul dengan cerita sehari-hari sebagai wujud ‘partner in productivity’. Gimana menurut kalian dengan Mba Optika Lunett’s effect ini?

Related

Tags: digital marketingfyp tiktokmba optika lunett
Beranda

© 2023 Beranda

Kategori

  • Home
  • Ekonomi
  • Tips
  • Olahraga
  • Tentang Beranda
  • UMKM
  • Privacy Policy
  • Teknologi

Kontak

No Result
View All Result
  • Home
  • Ekonomi
  • UMKM
  • Teknologi
  • Tips
  • Olahraga
  • Startup
  • Traveling
  • Sport

© 2023 Beranda