Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 5/SEOJK.05/2022 tentang Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi (SEOJK PAYDI). Hal ini menjawab keresahan banyak nasabah atau pengguna produk keuangan yang ragu terhadap maraknya kabar miring tentang penyedia jasa keuangan dan hubungan dengan konsumen mereka.
Tentang asuransi misalnya. Orang ragu untuk menggunakan asuransi karena beberapa alasan. Pertama, banyak orang berpikir bahwa asuransi mahal dan tidak berharga. Mereka tidak menyadari bahwa mereka dapat menemukan banyak asuransi yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.
Kedua, banyak orang tidak yakin tentang bagaimana asuransi bekerja. Mereka tidak yakin tentang jenis asuransi yang tepat, jumlah yang dibutuhkan, dan siapa yang harus diasuransikan.
Ketiga, banyak orang takut bahwa mereka akan menghabiskan banyak uang dan waktu untuk mencari asuransi yang tepat, tetapi kemudian tidak akan mendapatkan apa yang mereka cari. Terakhir, banyak orang merasa bahwa asuransi hanyalah cara untuk mencuri uang mereka tanpa memberikan manfaat apapun.
Dengan keberadaan SEOJK PAYDI ini dapat menunjang perlindungan bagi konsumen dan meningkatkan tata kelola serta manajemen risiko untuk perusahaan asuransi atau penyedia jasa keuangan, agar pemasaran produk PAYDI atau unit link ini tidak kemudian menghadapi permasalahan serupa di depannya.
Dalam hal ini, nantinya provider asuransi perlu melakukan pendalaman mengenai kebutuhan dan kesanggupan para pemegang polis, termasuk di antaranya profil risiko pemegang polis. Tentu saja dalam hal ini agen asuransi perlu memberikan penjelasan yang akurat, transparan, jelas dan lengkap mengenai spesifikasi produk unit link.
Kemudian juga melakukan konfirmasi pemahaman pada nasabah atau pemegang polis mengenai produk pilihannya. AIA Bahagia Bersama adalah bentuk penerapan dari AIA yang kemudian harapannya bisa diikuti oleh perusahaan asuransi lainnya.
Sebab sebagai perusahaan yang telah mendampingi nasabah selama hampir 1 abad, AIA mengedepankan dedikasi atas kebutuhan konsumennya. AIA Bahagia Bersama adalah asuransi jiwa yang menawarkan banyak manfaat dan perlindungan. Keunggulan utamanya adalah perlindungan hebat dan manfaat yang fleksibel.
Ini mencakup perlindungan terhadap risiko kematian, cacat, dan sakit. Perlindungan kesehatan bisa nasabah dapatkan hingga usia 99 tahun dengan biaya akuisisi yang pembayarannya mengikuti regulasi SEOJK PAYDI.
Selain itu, AIA Bahagia Bersama juga menawarkan manfaat tambahan yang dapat membantu pemegang polis dan keluarganya dalam kasus sakit atau kecelakaan. Manfaat tambahan ini termasuk penghapusan premi, pembayaran pre-hospitalisasi, dan pembayaran perawatan rumah sakit. Manfaat ini dapat sangat berguna jika nasabah atau keluarganya mengalami sakit atau kecelakaan.
Mengenai biaya akuisisi yang kerap ditakuti calon konsumen asuransi gentar, AIA Bahagia Bersama telah mengantisipasi dengan mengikuti ketentuan terbaru yakni 40% untuk 3 tahun pertama, tahun keempat hingga keenam 20% dan tahun ketujuh hingga kesembilan sebesar 5%. Dengan demikian selain membantu nasabah memiliki gambaran jelas mengenai alokasi dana mereka, tidak akan terjadi perubahan mendadak yang tentu akan mengecewakan pelanggan.
Berbekal semboyan live Healthier, Longer, Better Lives. AIA berusaha membantu sebanyak mungkin orang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sehat, lebih baik dan terjaga harapan hidup serta prioritasnya, sekalipun ada risiko di luar kendali yang terjadi secara mendadak. Tentunya hal ini menjadi salah satu solusi tepat, untuk memiliki perlindungan kesehatan dan jiwa bagi diri sendiri maupun keluarga.