Memiliki hobi kalau kita tekuni nyatanya bisa jadi pembawa rezeki. Teori ini sudah dipraktekkan sendiri oleh duo perintis bisnis merk Ballerbro.
Dirintis oleh Harbie Kurnia dan Elson Dwi Kurnia, kakak beradik ini dulunya ingin membeli sepatu basket. Namun karena harganya yang mahal, mereka paham betul rasa sedihnya tak bisa memiliki barang yang mereka butuhkan.
Berangkat dari pengalaman tersebut, keduanya mencoba membangun bisnis sepatu dan perlengkapan untuk olahraga basket. Ballerbro merupakan salah satu local heroes yang bisa kita andalkan jika ingin mencari sepatu basket berkualitas tanpa dompet terkuras.
Sangat mengerti akan pangsa pasarnya yang bakal kebanyakan adalah pelajar dan mahasiswa, Ballerbro kerap membuat produk dengan range harga yang sangat masuk akal, misalnya di bawah Rp 200 ribu.
Mau yang speknya lebih tinggi pun ada. Sebab bagaimanapun, fokus mereka adalah memberikan kualitas terbaik agar semua peminat basket bisa tetap menikmati hobinya dengan budget yang tetap bersahabat. Sebab harga brand beken dari luar negeri, bisa-bisa di atas Rp 500 ribu atau bahkan di atas Rp 1 juta.
Tak hanya sepatu, Harbie Kurnia dan Elson Dwi Kurnia justru mendirikan Ballerbro di tahun 2019 dengan produk perlengkapan safety saja. Misalnya kneepad, elbow pad atau singlet pad. Ternyata, lagi-lagi ini juga berangkat dari pengalaman si owner yang sempat harus tanding basket, tetapi malah mengalami cedera saat latihan.
Produksi sepatu basket malah baru terwujud sekitar tahun 2020. Seri sepatu mereka diberi nama BB yang terdiri dari beberapa seri dan variasi. Jangan salah, kendati harganya murah dan merupakan produksi lokal, sepatu ini malah ditaksir banyak pemain dan klub basket.
Tak hanya itu beberapa pemain IBL juga menggunakan produk mereka. Seperti Brando Kosegeran, Dio Tirta hingga Kelly Purwanto. Artinya, kualitas yang Harbie dan Elson harapkan, sudah tervalidasi dengan besarnya trust dan antusiasme, bahkan dari atlet nasional olahraga yang mereka gemari itu sendiri.
BACA JUGA: Cerita Usaha Toko Kelontong SRC bikin IRT Berhasil Cuan 3 Kali Lipat
Kontribusi anak muda di bidang UMKM saat ini memang luar biasa dan perlu mendapat apresiasi. Salah satu caranya adalah dengan mencoba dan menggunakan produk mereka. Bila ada yang kurang, kita bisa memberikan masukan dan kritik membangun. Dengan demikian produk yang lahir di negeri sendiri bisa menjadi andalan dan harapan untuk bersaing dengan brand luar negeri.