Buku bisnis bisa menjadi jendela solusi bagi mereka yang masih awam akan dunia kewirausahaan. Namun, perlu buku yang tepat, sesuai level pengalaman pembaca juga.
Bila masih sangat awam dengan dunia bisnis, maka mulailah dengan buku yang lebih mudah kita cerna. Sedangkan bila sebelumnya sudah sempat berkecimpung di dunia bisnis, ada baiknya memperkaya sisi teknikal kita dengan buku-buku fundamental bisnis.
Nah, berikut ini adalah daftar rekomendasi buku bisnis yang baik untuk calon owner UMKM masa depan. Selain itu, di antaranya sudah merangkul wawasan tentang kemajuan digital yang sangat relevan dengan kebutuhan pemasaran dan konsumen masa kini.
1.Buku Bisnis Marketing 5.0: Teknologi untuk Kemanusiaan
Buku Marketing 5.0 lahir oleh tangan Hermawan Kartajaya sebagai salah satu dari “50 Pakar yang Telah Membentuk Masa Depan Pemasaran”. Sebelumnya, pendiri dan Executive Chairman MarkPlus Inc. tersebut sudah banyak menelurkan buku marketing era sebelumnya, seperti Marketing 3.0, Marketing 4.0 dan ada pula Citizen 4.0. Edisi ini memang lebih menyesuaikan dengan iklim marketing pasca pandemi Covid-19 yang mengubah banyak hal.
Sama seperti buku-buku sebelumnya, landasan Hermawan Kartajaya dalam menyusun buku ini juga masih melibatkan buah pikir dari Philip Kotler, Sang Bapak Pemasaran Modern. Buku ini sangat cocok untuk generasi muda mulai dari X, milenial hingga Gen Z yang ingin membuka diri terhadap pemasaran dan kemajuan teknologi serta digitalisasi yang menyertainya. Jadi, merupakan bentuk pengayaan tentang marketing yang mungkin teoritis, tetapi pengemasannya segar dan mudah kita pahami.
2. MARKETING MADE SIMPLE Brand Storytelling dalam Bisnis
Donald Miller dalam buku ini menjelaskan tentang pengetahuan penting yang perlu seorang owner ketahui sejak dini, yaitu sales funel. Meski mungkin terdengar asing bagi orang awam, nyatanya ini adalah teori dan strategi mudah dan efektif yang bisa membantu mengembangkan berbagai pemasaran digital.
Di samping buku ini, Miller juga membuat buku Building a Story Brand yang sangat membuka wawasan dan memotivasi. Sebab selain mengetahui kunci bagaimana brand bisa gagal atau sukses, juga sedikit mengintip ‘dapur’ dari para pemilik brand itu sendiri. Jangan khawatir, karena pengetahuan yang tersusun dalam buku-buku Donald Miller ini sudah melalui penyesuaian bagi pembaca awam, hingga yang sudah profesional.
3. Kewirausahaan Pola Pikir, Pengetahuan, dan Keterampilan
Buku yang sangat cocok bagi pebisnis pemula. Sebab intisarinya adalah mindset, knowledge dan skill, seperti judulnya. Hanya saja sebagai pebisnis, ada kalanya kita tidak memiliki dasar untuk memahami ketiga hal tersebut. Modal nekat dan tanpa pertimbangan menyebabkan cepat boncos dan menyerah di depan.
Buku karya Dr. Sarfilianty Anggiani, M.M., M.B.A. ini bisa menjadi pengantar yang baik, bahkan untuk semua orang, meski kalangan non bisnis. Jadi baik mereka yang masih di kalangan pelajar, akademisi atau bidang lainnya juga bisa membaca buku ini sebagai pengetahuan umum.
4. Buku bisnis B20 Sustainability 4.0 Awards
Di masa kelandaian pandemi, pada November 2022 Indonesia menggelar B20 Indonesia Net Zero Summit 2022 yang berlokasi di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Dari event tersebut, lahirlah buku B20 Sustainability 4.0 Awards ini. Mengapa buku ini jadi salah satu yang penting untuk kita ketahui dalam berbisnis?
Salah satu isu yang esensial dalam praktik usaha saat ini bukan hanya cuan atau keuntungan, tetapi juga bisnis berkelanjutan. Artinya memberikan dampak positif pada lingkungan hidup dan keberlanjutan kehidupan manusia di masa mendatang. Menariknya, hal ini bisa menambah trust masyarakat yang pasti dampaknya besar pada produk atau jasa kita. Di dalamnya tercatat nama-nama UMKM dan bisnis yang sudah berimplementasi sebagai sustainable business atau usaha dengan inovasi dan teknologi usaha yang lebih aman dan peduli isu lingkungan.
5. Millennials Kill Everything
Pasar sudah berubah, karena generasi konsumennya juga sudah bergeser. Ada banyak sekali buku yang membuka wawasan tentang pergeseran generasi, tetapi dari buku yang merupakan adaptasi web Yuswohady.com ini cukup banyak menjelaskan perilaku konsumen yang cocok bagi pebisnis era sekarang hingga ke depan.
Judulnya menggambarkan betapa disrupsi millenial memang telah menggantikan banyak hal sehingga sempat ‘memaksa’ pelaku usaha konvensional untuk mengikuti perubahan generasi ini. Yuswohady juga pernah menulis Marketing to the Middle Class Muslim, The 2ndGeneration Challenges dan 8 Wajah Kelas Menengah Indonesia. Bila ingin ‘mencicipi’ tulisannya, kita juga bisa mampir ke blognya yang membahas pandangan relevan mengenai tren bisnis dan sosial.
6. Buku bisnis Psychology Of Selling
Memahami psikologi konsumen merupakan salah satu kunci paling efektif dalam menjalankan pemasaran. Sebab pada dasarnya, konsumen tidak peduli dengan merk, strategi atau apapun teknik yang kita lakukan. Bagi mereka, semua terlihat seperti ‘jualan’. Dengan buku ini, bisa membantu kita untuk melakukan pendekatan terbaik dalam meningkatkan penjualan.
Kuncinya ada pada cara menghadapi dan ‘membantu’ konsumen menyelesaikan masalah mereka dengan produk atau jasa yang kita miliki. Dengan mengenal area dan goal dalam penjualan, do dan don’ts dalam menghadapi konsumen, creative selling, memahami 11 hal utama yang menjadi kebutuhan konsumen dan banyak lagi. Brian Tracy yang membuat buku ini juga terkenal sebagai pengusaha ulung yang sudah berbagi banyak tips dan saran bisnis lewat bukunya.
7. Transformasi Digital Demi Kelincahan Bisnis
Seperti judulnya, buku ini merupakan panduan agar perusahaan atau bisnis yang kita miliki tetap bisa mencapai tujuan di tengah tuntutan transformasi era digital. Memang perubahan agak menyesakkan dan merepotkan, apalagi perubahan yang begitu cepat membuat sebuah organisasi bingung mengenai strategi dan langkah terbaik apa yang perlu dilakukan.
Neil Perkin dan Peter Abraham membantu menjawab persoalan ini bagi mereka pemimpin atau manajer startup, tim atau pengelola bisnis lainnya. Diperkaya dengan adanya saran-saran profesional berdasarkan pengalaman, menjadikannya buku pegangan yang baik menciptakan usaha dan perusahaan yang sat-set alias lincah mengikuti perubahan era disruptif ini.
8. Sukses Bisnis Online
Bisnis yang paling mudah orang terapkan saat ini adalah bisnis online. Dari yang kelasnya e-commerce, hingga yang sudah mampu membuat website penjualannya sendiri. Kiat-kiat menjalani bisnis online yang lebih praktikal ada dalam buku karya Anton er-Ramdan ini.
Di antara semua saran buku, yang satu ini merupakan e-Book dengan harga sangat terjangkau, yakni Rp 29.000 saja. Selain e-Book, kita juga bisa mendapatkan bonus konsultasi dengan sang penulis dan cara membuat toko online sendiri. Sangat cocok buat yang ingin langsung hands on membangun bisnis bersama pakarnya.
Karena praktek saja tak cukup, daftar buku bisnis di atas bisa membantu memberikan nasihat praktis dan fundamental penting yang tidak hanya teoritis. Melainkan juga sudah melalui trial-error sehingga menambah wawasan kita dan mencegah kita mengulang kegagalan yang sama.